INFO

Sosisalisasi Kampus Menginspirasi di Desa Tegaldowo

07 Agustus 2023 SARIYONO SE Berita Desa Dibaca 954 Kali

Pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023, Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 mengadakan acara sosialisasi bertajuk "Kampus Menginspirasi" di Balai Desa Tegaldowo. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan minat siswa/i dan orang tua di Desa Tegaldowo untuk menempuh pendidikan tinggi serta mengurangi jumlah pernikahan dini di komunitas mereka.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh dua pembicara yang berpengalaman di bidang pendidikan, yaitu Safrial Fachry Pratama, S.Ant., seorang alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Dr. Ir. Ambar Kusumandari, M.E.S., seorang dosen dari Fakultas Kehutanan UGM. Selain itu, anggota Tim KKN, Zahra, juga berbagi pengalamannya sebagai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa UGM.

Safrial Fachry Pratama menyampaikan materi dengan judul "Generasi Muda, Pendidikan, dan Tantangan di Masa Mendatang." Dalam materinya, Safrial berbicara tentang berbagai tantangan yang akan dihadapi oleh para pemuda di masa depan. Ia menyoroti perubahan zaman yang semakin cepat, revolusi industri 4.0, dan peran teknologi yang semakin dominan dalam kehidupan sehari-hari. Safrial menekankan bahwa pendidikan memiliki peran krusial dalam membekali generasi muda untuk menghadapi tantangan tersebut. Dengan pendidikan yang baik, pemuda dapat menjadi agen perubahan positif dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Dr. Ir. Ambar Kusumandari menyampaikan materi dengan judul "Pentingnya Pendidikan Tinggi." Dalam paparannya, Dr. Ambar menyoroti peran penting orang tua dalam membantu pertumbuhan anak-anak mereka. Ia menekankan bahwa orang tua memiliki peran yang penting dalam memberikan dukungan dan dorongan agar anak-anak mereka tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Orang tua juga dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak yang bersemangat untuk belajar. Dr. Ambar memberikan contoh tentang bagaimana melalui pendidikan tinggi, seseorang dapat memiliki kesempatan lebih luas dalam mencapai cita-cita dan menghadapi tantangan di masa depan.

Selain dua pembicara utama, anggota Tim KKN, Zahra, juga berbagi pengalaman pribadinya. Sebagai lulusan SMK dan mahasiswa UGM, Zahra berbicara tentang pentingnya keterbukaan dan kesempatan yang dapat diperoleh melalui pendidikan tinggi. Ia bercerita tentang bagaimana pendidikan memberinya wawasan baru, kesempatan untuk berkembang, dan membuka peluang karier yang lebih baik.

Acara "Kampus Menginspirasi" ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan informasi yang berharga kepada siswa/i dan orang tua di Desa Tegaldowo. Dengan meningkatkan minat siswa/i untuk menempuh pendidikan tinggi, diharapkan akan tercipta generasi yang lebih berdaya saing dan mampu menghadapi perubahan dunia yang semakin kompleks. Selain itu, dengan mengurangi angka pernikahan dini, masyarakat di Desa Tegaldowo diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih baik bagi para pemuda untuk mengenyam pendidikan dan meraih masa depan yang lebih cerah.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar