INFO

Melatih Kesabaran di SD 1 Desa Tegaldowo

06 Agustus 2023 SARIYONO SE Berita Desa Dibaca 790 Kali

Pada kegiatan pembelajaran di Sekolah SD 1 Desa Tegaldowo, Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 memiliki beberapa sesi yang berfokus pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang alam, makhluk hidup, kebersihan diri, serta pentingnya memiliki cita-cita. Kegiatan-kegiatan tersebut dipisah menjadi beberapa sesi, yaitu :

  • Sesi Pertama: Pentingnya Sarapan dan Dampaknya bagi Pertumbuhan Anak

Dalam sesi pertama, Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 memaparkan kepada para siswa tentang pentingnya sarapan bagi pertumbuhan anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Mereka menjelaskan bahwa sarapan merupakan waktu penting untuk memberikan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal. Para siswa diajak untuk memahami bahwa makan pagi membantu meningkatkan energi dan konsentrasi, sehingga mereka bisa lebih fokus dalam belajar di sekolah.

Selain itu, tim KKN juga menyampaikan gizi-gizi penting yang harus terpenuhi dalam sarapan, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Mereka menjelaskan manfaat setiap nutrisi tersebut untuk kesehatan tubuh dan pertumbuhan siswa. Para siswa juga diberitahu tentang dampak negatif dari tidak sarapan di pagi hari, seperti menurunnya konsentrasi, kelelahan, dan kurangnya daya tahan tubuh.

  • Sesi Kedua: Mengenal Makhluk Hidup dan Ciri-Cirinya

Pada sesi kedua, Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 mengajarkan para siswa mengenai konsep makhluk hidup. Mereka menjelaskan bahwa makhluk hidup adalah semua jenis organisme yang memiliki kemampuan untuk tumbuh, berkembang, bereproduksi, serta merespons lingkungannya. Selanjutnya, tim KKN menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup, seperti bernapas, bergerak, berkembang biak, merespons rangsangan, dan membutuhkan makanan.

Setelah penjelasan, tim KKN memandu para siswa untuk melakukan jalan-jalan di sekitar sekolah dengan tujuan untuk mempelajari makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar mereka. Para siswa diajak untuk mengamati dan mengidentifikasi berbagai jenis makhluk hidup, seperti tanaman, serangga, burung, dan hewan lainnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat lebih menghargai keberagaman makhluk hidup dan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

  • Sesi Ketiga: Pentingnya Mencuci Tangan dan Gigi dengan Benar

Dalam sesi ketiga, tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 mengajarkan pentingnya mencuci tangan sebelum makan dan menggosok gigi setelah makan. Mereka menjelaskan bahwa mencuci tangan adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit. Para siswa diajak untuk memahami cara mencuci tangan yang baik dan benar, dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Selanjutnya, tim KKN juga memberikan pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang benar dan pentingnya menjaga kebersihan mulut. Para siswa diajak untuk mengikuti contoh dan melakukan praktek langsung dalam mencuci tangan dan menggosok gigi. Hal ini bertujuan untuk membiasakan para siswa dalam menjaga kebersihan diri sehari-hari.

  • Sesi Terakhir: Membuat Pohon Cita-Cita

Dalam sesi terakhir, tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 mengajak para siswa untuk merenung dan menyusun cita-cita mereka. Para siswa didorong untuk bermimpi besar dan mengejar impian mereka. Tim KKN memberikan contoh mengenai pentingnya memiliki cita-cita dan bagaimana cita-cita dapat menjadi motivasi untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Selanjutnya, para siswa diajak untuk mengekspresikan cita-cita mereka dengan membuat "pohon cita-cita." Pohon ini berisi daun-daun yang berisi tulisan tentang apa yang ingin mereka capai di masa depan. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan berusaha mewujudkan impian mereka.

Dengan demikian, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 di Sekolah SD 1 Desa Tegaldowo mencakup berbagai aspek penting dalam kehidupan siswa, mulai dari pemahaman tentang pentingnya gizi, menjaga kebersihan diri, hingga mengenal makhluk hidup di sekitar mereka. Selain itu, para siswa juga diajak untuk bermimpi besar dan memiliki cita-cita yang akan memotivasi mereka dalam meraih masa depan yang lebih baik. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan para siswa SD 1 Desa Tegaldowo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar