INFO

Penerapan Teknik Pomodoro dan Penggunaan Microsoft Word di SMP Negeri 2 Gunem

07 Agustus 2023 SARIYONO SE Berita Desa Dibaca 576 Kali

Pada minggu pertama masuk sekolah, Tim KKN-PPM UGM Gunem 2023 diberi kesempatan emas untuk berpartisipasi dalam salah satu sesi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 2 Gunem. Menyadari pentingnya pendekatan belajar yang efektif dan memotivasi siswa untuk meraih kesuksesan akademis, tim KKN memutuskan untuk menyajikan materi mengenai cara belajar dengan teknik pomodoro dan bagaimana menemukan semangat untuk belajar.

Dalam sesi pertama, tim KKN memberikan penjelasan menyeluruh tentang teknik pomodoro, sebuah metode manajemen waktu yang terbukti efektif untuk meningkatkan produktivitas belajar. Para siswa/i SMP Negeri 2 Gunem diajak untuk memahami konsep pomodoro dan bagaimana menerapkannya dalam rutinitas belajar mereka. Teknik ini melibatkan pembagian waktu belajar menjadi periode fokus intensif selama 25 menit, diikuti oleh istirahat singkat selama 5 menit. Proses ini diulang secara berulang untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan efisiensi belajar siswa/i. Tim KKN juga memberikan tips untuk mengatasi distraksi dan meningkatkan kualitas belajar.

Sesi kedua difokuskan pada pengenalan Microsoft Word sebagai alat yang berguna untuk membuat dokumen-dokumen sederhana. Tim KKN menyajikan materi dengan jelas dan interaktif, memandu siswa/i dalam membuat dokumen teks, tabel, dan daftar sederhana menggunakan Microsoft Word. Para siswa/i diberikan kesempatan untuk berlatih langsung membuat dokumen-dokumen tersebut dengan bimbingan dari tim KKN, sehingga mereka dapat merasa lebih percaya diri dan terbiasa menggunakan teknologi ini.

Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi siswa/i SMP Negeri 2 Gunem. Dengan penerapan teknik pomodoro, diharapkan mereka dapat mengatur waktu belajar secara lebih efektif dan meningkatkan konsentrasi saat belajar. Selain itu, dengan mengenal Microsoft Word, siswa/i diharapkan menjadi lebih mahir dalam penggunaan teknologi modern yang relevan dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan. Peningkatan motivasi untuk belajar diharapkan akan mendorong mereka untuk meraih prestasi akademis yang lebih baik dan terus bersemangat dalam mengejar pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Melalui keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini, siswa/i SMP Negeri 2 Gunem diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan masa depan dan semakin mengembangkan potensi mereka.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar