• Jl. Gunem-Tegaldowo Km. 10 Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang
  • desategaldowo04@gmail.com
INFO
  • Selamat datang di Desa Tegaldowo
  • Tegaldowo Jaya

Desa Tegaldowo, Permata Tersembunyi di Rembang

09 Juli 2022 SARIYONO SE Dibaca 98 Kali

Desa Tegaldowo merupakan salah satu dari enam belas desa di Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di selatan Kabupaten Rembang, desa Tegaldowo berjarak 37 kilometer dari pusat kota Rembang dan berada di bagian Kabupaten Rembang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora. Secara administrasi, Tegaldowo terbagi dalam enam padukuhan. Enam padukuhan dukuh tersebut diantaranya adalah Tegaldowo, Nglencong, Ngelo, Ngablak, Dukoh, dan Karanganyar. 

 

Instansi-instansi yang berdiri di Desa Tegaldowo terintegrasi satu sama lain dalam bergotong royong membangun desa dan mengayomi masyarakat desa dan sekitarnya. Organisasi-organisasi yang bergerak dalam bidang kepemudaan seperti Karang Taruna Desa Tegaldowo aktif mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi masyarakat desa. Banyak program-program yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan solidaritas desa yang dapat dilaksanakan dengan bantuan organisasi yang ada, seperti program dalam bidang olahraga, terutama voli, yang menjadi minat utama pemuda Desa Tegaldowo. 

 

Mayoritas dari masyarakat Desa Tegaldowo memiliki mata pencaharian dalam bidang pertanian dan perkebunan yang memproduksi komoditas unggulan desa berupa jagung, sayuran, dan buah-buahan. Oleh karena itu, Desa Tegaldowo potensi besar untuk mengembangkan perekonomian berbasis agro yang memanfaatkan potensi pertanian dan perkebunan yang dihasilkan. Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Tegaldowo telah berhasil memanfaatkan potensi-potensi pertanian dan perkebunan yang ada dengan menyulap lahan tidur seluas 1,2 hektar menjadi lahan produktif yang menghasilkan komoditas tanaman obat, buah dan sayur unggulan yang bertajuk “Hatinya PKK”.

 

Potensi lain dari Desa Tegaldowo terletak di Embung Tegaldowo yang memiliki daya tarik tinggi untuk memikat wisatawan-wisatawan lokal sekitar Kabupaten Rembang yang berlokasi di bukit kapur yang terletak di perbatasan desa. Embung seluas 1,3 hektar ini dipercantik dengan hamparan ladang jagung yang hijau tersebar di sekeliling lingkungan embung. Pemanis sekaligus centerpiece dari objek wisata ini berupa tulisan "Tegaldowo" berukuran besar dengan warna merah tegas yang terpasang persis di depan embung. Pendopo dan sejumlah fasilitas permainan ramah anak juga turut menghiasi kawasan embung.

 

Banyak potensi Desa Tegaldowo lainnya yang dapat dieksplorasi dan dinikmati lagi sehingga menjadikan Desa Tegaldowo sebagai permata tersembunyi dari Kecamatan Gunem dan Kabupaten Rembang. Untuk mengenal lebih jauh tentang Desa Tegaldowo, kunjungi dan telusuri situs web resmi desa ini. Jangan lupa juga untuk berkunjung langsung ke Desa Tegaldowo dan nikmati pesona keindahan alam Tegaldowo langsung di tempatnya!

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar